-->

MERAWAT KOMPUTER

Cara untuk melakukan perawatan pc dan membersihkan peripheral(komponen) pada computer, di sarankan harus dengan cara dan prosedur yang tepat, karena peripheral yang satu dengan peripheral yang lain mempunyai bentuk dan ukuran yang berbeda, sehingga setiap komponen memiliki urutan atau cara masing-masing dalam melakukan perawatan da membersihkan komponen tersebut.
            Cara merawat atau membersihkan komponen pc adalah seabagai berikut.
1.      Peraratan Casing
Casing/box/kotak diibaratkan sebuahcontoh bangunan atau tempat, menyimpan semua kponen atau peripheral untuk kebutuhan dan kelengkapan computer. Dengan demikian, penanmpilan casing pun perlu perawatan atau di bersihkan agar penampilan casing kelihatan indah dan bersih, ibart rumh bersih dan rapih.
 Sebuah casing computer terdiri dari: Power Supply, FAN, Led, Indicator, Sakelar, Tombol Power, dan Tombol Reset.
Casing computer perlu di bersikan secara rutin, keindahan dan kebersihanya. Hal itu untuk menghindari gangguan atau kotoran yang menyebabkan aleh debu, kotoran binatang dan lain-lain yang dapat masalah pada komponen computer seperti: Motherboard, VGA card, Sound Card, Modem, FAN dan lain-lain.
Alat-alat yang di gunakan untuk membersihkan casing computer: kuas, kain, tissue, kemoceng dan Fakum Cleaner. Cara memersihkan, bagian dlam casing adalh dengan membuka tutup casing, lalu bersihkan pada bagian motherboard, fan dan sebagainya dengan peralatan yang telah di sediakan, sedangkan untuk bagia luar anda cukup membersihkan dengan kain kemoceng.

2.      Perawatn Floppy Disk Drive
Floppy diskdrive adalah sebuah komponen computer yang dapat di gunaka untuk membaca disket atau penggerak disket dan sebagai alat media menyimpan data.
Diskdrive sangat rawan dan mudah terkena debuatau kotoran, baik yang di timbulkan ole debu dari lingkungan sekitar atau yang ditimbulkan oleh disket itu sendiri. Hal itu menyebabkan kerusakan dari disk drive, biasanya, disket tidak bisa di baca atau error.
Cara membersihkan sebuah diskdrive adalah sebagai berikut.
a.       Bersihkan dengan menggunakan disk cleaner.
b.      Gunakan Catton buds yang telah di beri cairan. Dengan cara mengoles bagian dalam diskdrive secara perlahan.

3.      Perawatan CD ROM
Sesuai dengan perkembangan computer saat ini, setiap Anda membeli sebuah PC (Personal Computer) pasti di lengkapi dengan CD ROM yaitu hanya dapat dibaca, CD R/W yaitu dapat dibaca dan di tulis tau DVD. Kegunaan CD ROM, CD R/W atau DVD bukan hanya untuk mendengarkan music (multimedia) saja, juga dapat di gnakan utuk keperluan penyimpan data, dan keperlun instalasi. CD ROM dapat di bedakn menurut keceptanya, yitu mulai dri keceptan 8x, 16x, 24x, 32x, 40x, 48x, 52x, 60x. semakin tinggi kecepanya, akan smakin mahal jualnya.
Cara membersihkan CD ROM,CDRW/DVD adalah sebagai berikut.
a.       Hidupkan computer
b.      Tuangkan Cairan Cleaner ke CD Cleaner
c.       Masukan CD cleaner kedalam CD drive
d.      Tunggu beberapa saat, sampai proses cleaner selesai

4.      Perawatan Harddisk
Harddisk merupakan device dari sebuah PC dan merupakan komponnen yang sangat penting dalam sebuah computer, karena harddisk berfungsi sebagai alat media untuk menyimpan data, seperti:system operasi, program dan basis data dan harddisk termasuk kedala memory eksternal.
Prinsip kinerja harddisk “semakin cepat berputar, semakin cepat pula kinejanya”, karena kecepatan harddisk dapat di lihat dari satuan kecepatan putar pitingan data per menit yang dinyatakan dalam satuan rpm, semakin tinggi rpm-nya semakin cepat data yang di tranfernya. Contoh satuan kecepatan harddisk ada yang 5400 rpm, 7200, rpm dan seterusya.
Cara merawat harddisk adalah sebagai berikut.
a.       Gunakan software , dengan melakukan, scandisk, defragmentasi atau melakukan    
b.       Untuk mengurangi panas, gunakan kipas pendingin (Cololer) pada harddisk.
c.       Matikan computer denga prosedur yang benar, artinya jangna sembarangan mematikan computer.
d.      Hindari dari debu.
e.       Lakuan pengecekan secara rutin.

5.         Perawatan VGA Card     
VGA card kepanjangannya adalah (Video Grapic Array) atau (Video Grapic Adapter) atau dapat di sebut juga dengan Display Adapter, yaitu sebuah peralatanatau komponen computer yang berfungsi untuk mengolah output grafik pada layar monitor. Cara memasang VGA Card harus sesuai dengan slot yang ada pada motherboard, misalnya jenis AGP harus di pasang pada slot AGP yaitu slot berwarna cokelat, dan yang berjenis PCI di pasang pada slot PCI yaitu slot berwarna putih. Setiap jenis slot AGP dan VGA card mempunyai tegangan yang berbeda. Biasanya permasalahan yang sering terjadi yaitu panas yang berlebihan.

Cara merawat VGA  Card adalah sebagai berikut.
a.       VGA Card harus sering di bersihkan dari debu atau kotoran dengan kuas atau dengan peralatan lain.
b.       Fan harus sering dibersihkan dari debu atau kotoran dengan kuas kecilatau sedang.
c.       Kencangkan kedudukan FAN, jika FAN tersebut longgar.


6.      Perawatan Memori
RAM (Random Acces Memory) adalah memori eksternal dan koponen yang merupakan ruang untuk menyimpan program atau data yang dapat di tulis dan di baca oleh processor pada sebuah computer. RAM bertindak sebagai media penyimpan sementara, karena terpengaruh oleh keadaan aliran listrik terputus secara otomatis, maka data yang tersimpan akan hilang. Semakin besar/kecil kapasitas RAM akan mempengaruhi cepat atau lambatnya proses program tersebut. Jenis-jenis RAM  diantaranya: EDORAM, SDRAM, DDR dan RDRAM.

Cara merawat RAM yaitu seperti di bawah ini.
a.       Jangan sring bongkar pasang RAM karena dapat menimbulkan korosi dan rusak.
b.       Jangan sering menyentuh kaki-kaki/PIN yang terletak di bagian bawah RAM, karena dapat menyebabkan kerusakan listrik statis.
c.       Bersihkan dengan mnggunakan cairan pembersih.
d.      Bersihkan dengan menggunakan karet penghapus.
e.       Eriksa dan kencangkan kedudukan RAM agar dapat bekerja dengan maksimal.

7.      Perawatan Power Supply
Power supply berfungsi mengubah arus AC menjadi arus DC untuk didistribusikan ke berbagai macam komponen pada computer. Daya satuan power supply mulai dari kapasitas: 150 watt, 300 watt, 350 watt, 400 watt dan 500 watt. Disarankan pilih dan beli power supply yang berkualitas atau dengan harga yang pantas, semakin tinggi/besar daya yang di pasang pada PC akan semakin bagus dan stabil kinerjanya.

Cara merawat power supply adalah sebagai berikut.
a.       Pasang stabilizer pada PC, untuk mengurangi kinerja power supply dan mencegah panas yang berlebihan yang di keluarkan oleh power supply.
b.       Perhatikan kelancaran putaran FAN, jika fan putaranya kurang bagus akan menimbulkan panas yang berlebihan.
c.       Bersihkan dari debu dan kotoran yang beradadi dalam power supply.
d.      Jangan terlalu dekat memasang power supply dengan fentilasi udara, karena dapat menyebabkan suhu yang ada di sekitar casing akan menimbulkan kelembapan dan dapat merusak komponen menjadi berkarat.

8.      Perawatan CPU/Processor (Central Procesing Unit)
CPU atau processor adalah Chip atau sering dikenal dengan sebutan Mikroprocessor, dan CPU merupkan otak dari computer. Kecepatan processortergantung dari kecepatannya, satuan ukuran processor yaitu Megahertz (Mhz), bahkan sekarang sudahmecapai Gigahertz (GHz), mulai dari 1 Ghz, 2 Ghz, 2.4 Ghz, 2.6 Ghz bahkan mencapai 3.04 Ghz. Semakin besar ukuranya akan semakin cepat prosesnya. Merek-merek processor di antaranya: Intel, Amd, Cyrix, Lbm, Athlon, Duron, Via dan lain-lain.
 
Cara perawatan CPU (Processor) adalah seperti di bawah ini.
a.       Perhatikan letak dari FAN, pasang pada posisi yang benar agar udara dapat berputar dengan lancer.
b.      Usahakan FAN processor dengan putaran yang lebih tinggi, misal: 5400 rpm atau di atasnya.
c.       Usahakan heatsink menggunakan penghantar yang terbuat dari tembaga atau alumunium.
d.      Usahakn sebelum dipasang, oleskan silicon grease di bagian belakang processor agar penghantar panas lebi lancer.

9.      Perawatan Motherboard
Motherboard merupakan tempat atau induk dari semua komponen computer seperti: Processor, VGA Card, Modem, Sound card, Lan Card, FDD, Kabel IDE dan sebagainya yang digunakan untuk menghubungkan antara komponensatu dengan komponen yang lain dari tergantung dengan jenis chipset yang di pasang. Di dalam motherboard terdapat banyak jaur data (Bus) yang menghubungkan dari processor ke memori, dari chipset ke konektor harddisk dan lain-lain.

Cara perawatan Motherboard yaitu sebagai berikut.
a.       Bersihkan dengan kuas atau penyedot debu.
b.      Menjaga suhu.
c.       Rapihkan jalur-jalur kabel dengan cara mengikat agar sirkulasi udara dapat berjalan dengan lancear.

10.   Perawatan Printer
Printer adalah alat yang dipergunakan untuk menghasilkan cetakan berupa tulisan (teks), gambar kertas maupun film.

Cara merawat printer adalah sebagai berikut.
a.       Bersihkan bagian luar printer dari debu atau kotoran dengan menggunakan kain kering, tisu, cairan pembersih, air dan sebagainya.
b.      Hindari printer dari sinar matahari langsung, dan hindari printer dari tempat yang yang tidak tetap suhu dan kelembapanya.
c.       Jangan mengocok katridge tinta, dapat menyebabkan kebocoran tinta pada catridge.
d.      Jangan menyentuh IC chip pada catridge, karena dapat menyebabkan kerusakan pada catridge.
e.       Jangan memasukkan benda asing kedalam printer.
f.       Jangan kena tumpahan cairan kedalam printer.
g.      Letakkan printer pada tempat yang datar dan serta ventilasi yang cukup.
h.      Jangan mematikan printer apabila proses pengisian tinta sedang berlangsung.

0 Response to "MERAWAT KOMPUTER"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel